Perkongsian Sejarah Nikon (to nikonian like me heh)

Nikon Corporation (Nikon, Nikon Corp.) adalah sebuah company Jepun mengkhususkan dalam bidang optik dan gambar. Produknya termasuk kamera, teropong, mikroskop, alat pengukur. Company ini didirikan pada 1917 sebagai Nihon (Nippon) Kōgaku Kōgyō (日本光學工業株式會社); kemudian berganti nama menjadi (株式会社ニコン), atas nama kameranya, pada 1988. Pada 2002, ia memiliki 14.000 tenaga kerja. Nikon adalah salah satu dari perusahaan Mitsubishi.

Produk terkenalnya adalah lensa kamera Nikkor, kamera dalam air Nikonos, kamera profesional seri Nikon F, dan digital kamera Nikon seri-D.

Saingan utama Nikon termasuk Canon, Minolta, Leica, Pentax, dan Olympus.

Nikon Corporation didirikan pada 25 Juli 1917 ketika tiga produsen optik terkemuka bergabung untuk membentuk sebuah perusahaan, komprehensif optik terintegrasi yang dikenal sebagai Nippon Kogaku Tōkyō KK Selama enam puluh tahun berikutnya, company ini berkembang menjadi produsen lensa optik (termasuk untuk kamera Canon pertama) dan peralatan yang digunakan dalam kamera, teropong, mikroskop dan peralatan inspeksi. Selama Perang Dunia II company tumbuh ke sembilan belas kilang dan 23.000 pekerja, penyediaan barang-barang seperti teropong, lensa, pemandangan bom, dan horoskop dengan askar Jepun.

1917.

Nippon Kogaku K.K., atau Japan Optical Co. didirikan sebagai hasil penggabungan dari tiga firma optic kecil. Mereka menghasilkan produk-produk optik seperti mikroskop, teleskop, dan alat-alat pengukuran optik bagi industri dan ilmu pengetahuan.

1932.

Nikkor pertama kali dimunculkan sebagai produk lensa fotografi yang bervariasi mulai dari jarak 50mm sampai 700mm.

1937.

Melengkapi design untuk lensa 50mm f4.5, 3.5, dan 2.0. Nikkor muncul sebagai perlengkapan asli bagi Hansa Canon yang keluar di tahun yang sama. Nippon Kogaku sebenarnya memproduksi semua lensa bagi Canon sampai pertengahan 1947.

1948.

Kamera Nikon I diluncurkan. Pengembangan produknya sendiri dimulai sejak 1945. Banyak nama yang diusulkan seperti BENTAX, PANNET, NICCA, NIKKA, NIKORET, NIKO and NIKKORETTE. Ketika akhirnya NIKKORETTE yang diputuskan sebagai nama final, nama tersebut berubah kembali menjadi NIKON persis sebelum design final dihasilkan.

1957.

Untuk menghasilkan yang terbaik, jurutera Nikon mencari ke seluruh dunia untuk idea dan solution yang terbaru. Leica saat itu adalah pemimpin di kamera range finder 35mm dan banyak produsen kamera mencuba untuk menirunya. Nikon memberanikan diri untuk mencuba memperbaikinya. Setelah berbagai percubaan, Nikon SP akhirnya dikeluarkan di bulan September. Diikuti oleh S3 di Mac 1958 dan S4 di Mac 1959.

1959

Pada bulan Mei 1959, kamera Nikon SLR yang pertama, Nikon F, diperkenalkan dan dengan cepat

menjadi standart tak tertulis bagi para photojurnalis serta photografer profesional lainnya. Dalam memperkenalkan seri F, dengan viewfi nder yang dapat diganti-ganti, layer focus, dan lensa-lensanya, Nikon melewati Leica sebagai pemimpin baru di dunia kamera.

1971

Nikon F2 secara mudah menjadi kamera impian. Ia memiliki semua yang dibutuhkan oleh photografer profesional pada sebuah kamera SLR yang mampu dibeli. Juga memiliki bentuk yang cantik dan fetures yang menawan.

1983.

Kamera compact dengan autofocus pertama Nikon, L35AF, dipasarkan.

1992.

Nikonos RS, kamera bawah laut SLR yang pertama di dunia, dipasarkan.

1997.

Kamera digital Nikon COOLPIX 100 dipasarkan.

1999.

Kamera digital SLR profesional Nikon D1 dipasarkan.

2005.

Nikon D2X digital SLR camera dipasarkan Nikon D2HS digital SLR camera dipasarkan.

2007.

Nikon D3 ( Full frame ) dan D300 digital SLR camera dipasarkan, dengan prosesor generasi terbaru EXPEED2.

Tak lama kemudian diluncurkan D700 Full Frame juga.

2008.

Nikon D3X digital SLR camera dipasarkan dengan sensor 24 MP.

2010Nikon D90 dengan kamera dan video dikeluarkan2011Nikon D7000 dengan Video HD

Semoga bermanfaat buat anda

Leave a Reply

Facebook Comments